Kesabaran Menanam Pohon Bisnis



Membangun bisnis ibaratnya menanam sebatang pohon. Kita rawat, diberi pupuk, disiram, beri perhatian dan kasih sayang agar terus tumbuh besar dan panen raya tiba. Bertahun lamanya penantian itu, untuk sang penanam pohon yang tidak sabar dia akan pergi meninggalkannya. Ketidaksabarannya merawat pohon itu mengalahkan segalanya.

Bagi penanam pohon yang sabar, tidak kenal lelah, tahan cobaan, tekun merawat dan konsisten menjaganya akan terus melakukannya sampai bertahun-tahun dan sampai tiba waktu panen. Luar biasa gembira pasti, penantian dan kerja keras bertahun-tahun terbayar sudah dengan hasil panen yang melimpah.

Dalam berbisnis kita tidak akan mendapatkan hasil kerja saat itu juga. Seperti dalam bercocok tanam, ada musim menanam, musim merawat dan musim panen. Tumbuhan padi butuh waktu 6 bulan untuk bisa dipanen. Berbeda dengan buah apel jika ditanam dari biji butuh waktu 5 tahun agar bisa dipanen.

Jadi, jangan mengharapkan keuntungan saat itu juga ketika sedang membangun bisnis. Bukan mustahil  Anda harus bekerja keras ditahun-tahun pertama bisnis Anda, tapi jika Anda sudah mulai bisa memetik hasilnya masa panen adalah masa kebebasan Anda.

Siapkanlah diri Anda untuk benar-benar menjadi seorang bussiness owner, bukan lagi karyawan yang selalu meminta bayarannya setiap selesai melakukan kerja. Sebagai seorang pemilik bisnis, Anda mungkin tidak langsung menerima bayaran karena memang Anda tidak perlu bayaran. Tanamkan dalam diri Anda, bahwa Anda adalah seorang pemilik bisnis dan akan bertanggungjawab terhadap keberlangsungan bisnis Anda sendiri. Yakinlah bahwa Anda akan memasuki masa panen yang berlimpah hasil dari kerja keras Anda beberapa tahun ini.